bimbingan konseling

Kamis, 17 Juni 2010

CONTOH

SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG

HIMPUNAN DATA

A. Topik permasalahan : Pengadministrasian AUM umum

B. Bidang Bimbingan : Bimbimgam pribadi

C. Jenis Layanan : Himpunan Data

D. Fungsi Layanan : Pengungkapan Permasalahan Siswa

E. Tujuan Laanan :

1. mengindentifikasi masalah umum dan masalah yang dialami siswa

2. Melihat masalah kelompok/kelas sesuai dengan bidang masalah

F. Sasaran Layanan : siswa Kelas XI.Ia SMA Negeri 2 Curup

G. Uraian Kegiatan dan

Materi layanan :

1. Nama Instrumen : AUM Umum

2. Jenis Instruman : Non-tes

3. Penyusun Instrumen : Tim AUM Umum

4. Pokok-pokok isi Intrumen : Masalah-masalah umum yang dialami siswa

a. memilih masalah umum yang dirasakan dari 9 klasifikasi masalah

b. Memilih masalah terberat dirasakan dari seluruh masalah yang ditandai

c. Menuliskan masalah lainyang tidak ada dalam buku AUM umum

d. Kemungkinan untuk membicarakan masalah dengan seseorang

5. Pola pengerjaan soal : Tulisan

6. Pola pengadministrasian : Kelompok klasikal siswa kelas XI.IA 2

H. Tempat Penyelenggaraan : diruang kelas XI.IA 2

I. Waktu,Tgl,Semester : 26 APRIL 2009 Semester 1

J . Penyelenggara Layanan : Konselor Sekolah

K. Konsultan : -

L. Pengolahan & Interprestasi Hasil :

1. Pengolah : thonie

2. Penginterpretasian : Thonie

M. Penggunaan Hasil :

1. digunakan untuk ; siswa yang membutuhkan sesuai permasalahan

2. Waktu penggunaan ; Melihat keberhasilan penyelenggaraan konseling di SMA 2 curup

3. Yang menggunakan ; Konselor sekolah atau pihak lain yang mendapat izin

4. Waktu Penggunaan ; Relatif Pendek mengingat kesahihan data

5. Tempat Penggunaan ; Dilingkungan SMA N. 2 Curup

N. Rencana penilaian & tindak lanjut layanan : Penilaian dilakukan setelah diolah dengan computer. Setelah diperileh hasil dapat dilihat potret diri siswa yang dibagikan kepada masing-masing siswa melalui konselor sekolah yang memberikan bantuan.

O. Keterkaitan Layanan ini dengan kegiatan Pendukung :

AUM PTSDL, Sosiometri.

P. Catatan Khusus : -

Curup, 26 april 2009

Perencana Layanan

( thonie , S.Pd )

SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG

KONFERENSI KASUS

A. Topik permasalahan : membahas kasus narkoba yang dialami siswa X

B. Bidang Bimbingan : Bimbimgam sosial

C. Jenis Layanan : Konferensi kasus

D. Fungsi Layanan : pengentasan

E. Tujuan Layanan : untuk Menghasilkan keputusan cara terbaik bagi pemecahan masalah yang dialami siswa

F. Sasaran Layanan : siswa Kelas XI.Ia SMA Negeri 2 Curup

G. Gambaran ringkas masalah : Seperti biasa setiap habis pelaksanaan upacara, para wali kelas melakukan pengeledahan terhadap semua siswa baik itu didalam tas maupun disaku dan tidak terkecuali video dalam handphone. Namun kali itu wali kelas mendapati seorang siswa membawa sejenis obat-obatan yang mencurigakan, dan setelah diperiksa secara teliti itu adalah narkoba, awalnya siswa yang berinisial X tidak mengakui namun setelah ditakut-takuti akhirnya siswa tersebut mengakuinya bahwa itu adalah obat terlarang “narkoba” siswa X juga mengakui dari mana barang haram tersebut ia dapatkan.

H. Tempat Penyelenggaraan : diruang BK

I. Waktu,Tgl,Semester : 26 APRIL 2009 Semester 1

J . Penyelenggara Layanan : Konselor Sekolah

K. Konsultan : -

L. Pihak-pihak yang disertakan : Kepala sekolah atau Koordinator BK/Konselor mengundang para peserta konferensi kasus, baik atas insiatif guru, wali kelas atau konselor itu sendiri. Mereka yang diundang adalah orang-orang yang memiliki pengaruh kuat atas permasalahan dihadapi siswa (konseli) dan mereka yang dipandang memiliki keahlian tertentu terkait dengan permasalahan yang dihadapi siswa (konseli), seperti: orang tua, wakil kepala sekolah, guru tertentu yang memiliki kepentingan dengan masalah siswa (konseli), wali kelas, dan bila perlu dapat menghadirkan ahli dari luar yang berkepentingan dengan masalah siswa (konseli), seperti: psikolog, dokter, polisi, dan ahli lain yang terkait.

M. Bahan Dan keterangan dalam pertemuan :

1. data konselinng

2. Data penyelenggaraan

3. Absensi Siswa

N.Penggunaan Hasil Konferensi Kasus : konferensimenyimpulkanbeberapa rekomendas/keputusan berupa alternatif-alternatif untuk dipertimbangkan oleh konselor, para peserta, dan siswa (konseli) yang bersangkutan, untuk mengambil langkah-langkah penting berikutnya dalam rangka pengentasan masalah siswa (konseli).

N. Rencana penilaian & tindak lanjut layanan :

- Keputusan yang diambil dalam konferensi bukan bersifat “mengadili” siswa yang bersangkutan,

- Menggunakan hasil analisis untuk melengkapi datadan memperkuat komitmen penanganan kasus

- Intensitas Pengentasan masalah

O. Keterkaitan Layanan ini dengan kegiatan Pendukung :

Setiap proses dan hasil konferensi kasus dicatat dan diadminsitrasikan secara tertib dan hasil layanan dimasukan dalam Himpunan data

P. Catatan Khusus : - Dalam kondisi apa pun, kepentingan siswa (konseli) harus diletakkan di atas segala kepentingan lainnya. Dan Peserta konferensi kasus menyadari akan tugas dan peran serta batas-batas kewenangan profesionalnya.

Curup, 26 april 2009

Perencana Layanan

( Toni Hartono, S.Pd )

SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG

KUNJUNGAN RUMAH

A. Topik permasalahan : Sering terlambat dating kesekolah

B. Bidang Bimbingan : Bimbimgam pribadi

C. Jenis Layanan : Kunjungan rumah

D. Fungsi Layanan : Fungsi pemahaman, fungsi pengentasan,Advokasi.

E. Tujuan Laanan :

1. memahami masalah yang dialami siswa

2. pengentasan mesalah siswa sehingga dapat menjalani kegiatan belajar dengan baik

F. Sasaran Layanan : siswa Kelas XI.Ia SMA Negeri 2 Curup

G. Gambaran Ringkas Masalah :

H. Tempat Penyelenggaraan : diruang kelas XI.IA 2

I. Waktu,Tgl,Semester : 26 APRIL 2009 Semester 1

J . Penyelenggara Layanan : Konselor Sekolah

K. Konsultan : -

L. Pengolahan & Interprestasi Hasil :

1. Pengolah : toni hartoni

2. Penginterpretasian : Toni hartono

M. Penggunaan Hasil :

1. digunakan untuk ; siswa yang membutuhkan sesuai permasalahan

2. Waktu penggunaan ; Melihat keberhasilan penyelenggaraan konseling di SMA 2 curup

3. Yang menggunakan ; Konselor sekolah atau pihak lain yang mendapat izin

4. Waktu Penggunaan ; Relatif Pendek mengingat kesahihan data

5. Tempat Penggunaan ; Dilingkungan SMA N. 2 Curup

N. Rencana penilaian & tindak lanjut layanan : Penilaian dilakukan setelah diolah dengan computer. Setelah diperileh hasil dapat dilihat potret diri siswa yang dibagikan kepada masing-masing siswa melalui konselor sekolah yang memberikan bantuan.

O. Keterkaitan Layanan ini dengan kegiatan Pendukung :

AUM PTSDL, Sosiometri.

P. Catatan Khusus : -

Curup, 26 april 2009

Perencana Layanan

( Toni Hartono, S.Pd )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar