bimbingan konseling

Kamis, 17 Juni 2010

CONTOH

SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG

HIMPUNAN DATA

A. Topik permasalahan : Pengadministrasian AUM umum

B. Bidang Bimbingan : Bimbimgam pribadi

C. Jenis Layanan : Himpunan Data

D. Fungsi Layanan : Pengungkapan Permasalahan Siswa

E. Tujuan Laanan :

1. mengindentifikasi masalah umum dan masalah yang dialami siswa

2. Melihat masalah kelompok/kelas sesuai dengan bidang masalah

F. Sasaran Layanan : siswa Kelas XI.Ia SMA Negeri 2 Curup

G. Uraian Kegiatan dan

Materi layanan :

1. Nama Instrumen : AUM Umum

2. Jenis Instruman : Non-tes

3. Penyusun Instrumen : Tim AUM Umum

4. Pokok-pokok isi Intrumen : Masalah-masalah umum yang dialami siswa

a. memilih masalah umum yang dirasakan dari 9 klasifikasi masalah

b. Memilih masalah terberat dirasakan dari seluruh masalah yang ditandai

c. Menuliskan masalah lainyang tidak ada dalam buku AUM umum

d. Kemungkinan untuk membicarakan masalah dengan seseorang

5. Pola pengerjaan soal : Tulisan

6. Pola pengadministrasian : Kelompok klasikal siswa kelas XI.IA 2

H. Tempat Penyelenggaraan : diruang kelas XI.IA 2

I. Waktu,Tgl,Semester : 26 APRIL 2009 Semester 1

J . Penyelenggara Layanan : Konselor Sekolah

K. Konsultan : -

L. Pengolahan & Interprestasi Hasil :

1. Pengolah : thonie

2. Penginterpretasian : Thonie

M. Penggunaan Hasil :

1. digunakan untuk ; siswa yang membutuhkan sesuai permasalahan

2. Waktu penggunaan ; Melihat keberhasilan penyelenggaraan konseling di SMA 2 curup

3. Yang menggunakan ; Konselor sekolah atau pihak lain yang mendapat izin

4. Waktu Penggunaan ; Relatif Pendek mengingat kesahihan data

5. Tempat Penggunaan ; Dilingkungan SMA N. 2 Curup

N. Rencana penilaian & tindak lanjut layanan : Penilaian dilakukan setelah diolah dengan computer. Setelah diperileh hasil dapat dilihat potret diri siswa yang dibagikan kepada masing-masing siswa melalui konselor sekolah yang memberikan bantuan.

O. Keterkaitan Layanan ini dengan kegiatan Pendukung :

AUM PTSDL, Sosiometri.

P. Catatan Khusus : -

CONTOH

SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG

HIMPUNAN DATA

A. Topik permasalahan : Pengadministrasian AUM umum

B. Bidang Bimbingan : Bimbimgam pribadi

C. Jenis Layanan : Himpunan Data

D. Fungsi Layanan : Pengungkapan Permasalahan Siswa

E. Tujuan Laanan :

1. mengindentifikasi masalah umum dan masalah yang dialami siswa

2. Melihat masalah kelompok/kelas sesuai dengan bidang masalah

F. Sasaran Layanan : siswa Kelas XI.Ia SMA Negeri 2 Curup

G. Uraian Kegiatan dan

Materi layanan :

1. Nama Instrumen : AUM Umum

2. Jenis Instruman : Non-tes

3. Penyusun Instrumen : Tim AUM Umum

4. Pokok-pokok isi Intrumen : Masalah-masalah umum yang dialami siswa

a. memilih masalah umum yang dirasakan dari 9 klasifikasi masalah

b. Memilih masalah terberat dirasakan dari seluruh masalah yang ditandai

c. Menuliskan masalah lainyang tidak ada dalam buku AUM umum

d. Kemungkinan untuk membicarakan masalah dengan seseorang

5. Pola pengerjaan soal : Tulisan

6. Pola pengadministrasian : Kelompok klasikal siswa kelas XI.IA 2

H. Tempat Penyelenggaraan : diruang kelas XI.IA 2

I. Waktu,Tgl,Semester : 26 APRIL 2009 Semester 1

J . Penyelenggara Layanan : Konselor Sekolah

K. Konsultan : -

L. Pengolahan & Interprestasi Hasil :

1. Pengolah : thonie

2. Penginterpretasian : Thonie

M. Penggunaan Hasil :

1. digunakan untuk ; siswa yang membutuhkan sesuai permasalahan

2. Waktu penggunaan ; Melihat keberhasilan penyelenggaraan konseling di SMA 2 curup

3. Yang menggunakan ; Konselor sekolah atau pihak lain yang mendapat izin

4. Waktu Penggunaan ; Relatif Pendek mengingat kesahihan data

5. Tempat Penggunaan ; Dilingkungan SMA N. 2 Curup

N. Rencana penilaian & tindak lanjut layanan : Penilaian dilakukan setelah diolah dengan computer. Setelah diperileh hasil dapat dilihat potret diri siswa yang dibagikan kepada masing-masing siswa melalui konselor sekolah yang memberikan bantuan.

O. Keterkaitan Layanan ini dengan kegiatan Pendukung :

AUM PTSDL, Sosiometri.

P. Catatan Khusus : -

Curup, 26 april 2009

Perencana Layanan

( thonie , S.Pd )

SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG

KONFERENSI KASUS

A. Topik permasalahan : membahas kasus narkoba yang dialami siswa X

B. Bidang Bimbingan : Bimbimgam sosial

C. Jenis Layanan : Konferensi kasus

D. Fungsi Layanan : pengentasan

E. Tujuan Layanan : untuk Menghasilkan keputusan cara terbaik bagi pemecahan masalah yang dialami siswa

F. Sasaran Layanan : siswa Kelas XI.Ia SMA Negeri 2 Curup

G. Gambaran ringkas masalah : Seperti biasa setiap habis pelaksanaan upacara, para wali kelas melakukan pengeledahan terhadap semua siswa baik itu didalam tas maupun disaku dan tidak terkecuali video dalam handphone. Namun kali itu wali kelas mendapati seorang siswa membawa sejenis obat-obatan yang mencurigakan, dan setelah diperiksa secara teliti itu adalah narkoba, awalnya siswa yang berinisial X tidak mengakui namun setelah ditakut-takuti akhirnya siswa tersebut mengakuinya bahwa itu adalah obat terlarang “narkoba” siswa X juga mengakui dari mana barang haram tersebut ia dapatkan.

H. Tempat Penyelenggaraan : diruang BK

I. Waktu,Tgl,Semester : 26 APRIL 2009 Semester 1

J . Penyelenggara Layanan : Konselor Sekolah

K. Konsultan : -

L. Pihak-pihak yang disertakan : Kepala sekolah atau Koordinator BK/Konselor mengundang para peserta konferensi kasus, baik atas insiatif guru, wali kelas atau konselor itu sendiri. Mereka yang diundang adalah orang-orang yang memiliki pengaruh kuat atas permasalahan dihadapi siswa (konseli) dan mereka yang dipandang memiliki keahlian tertentu terkait dengan permasalahan yang dihadapi siswa (konseli), seperti: orang tua, wakil kepala sekolah, guru tertentu yang memiliki kepentingan dengan masalah siswa (konseli), wali kelas, dan bila perlu dapat menghadirkan ahli dari luar yang berkepentingan dengan masalah siswa (konseli), seperti: psikolog, dokter, polisi, dan ahli lain yang terkait.

M. Bahan Dan keterangan dalam pertemuan :

1. data konselinng

2. Data penyelenggaraan

3. Absensi Siswa

N.Penggunaan Hasil Konferensi Kasus : konferensimenyimpulkanbeberapa rekomendas/keputusan berupa alternatif-alternatif untuk dipertimbangkan oleh konselor, para peserta, dan siswa (konseli) yang bersangkutan, untuk mengambil langkah-langkah penting berikutnya dalam rangka pengentasan masalah siswa (konseli).

N. Rencana penilaian & tindak lanjut layanan :

- Keputusan yang diambil dalam konferensi bukan bersifat “mengadili” siswa yang bersangkutan,

- Menggunakan hasil analisis untuk melengkapi datadan memperkuat komitmen penanganan kasus

- Intensitas Pengentasan masalah

O. Keterkaitan Layanan ini dengan kegiatan Pendukung :

Setiap proses dan hasil konferensi kasus dicatat dan diadminsitrasikan secara tertib dan hasil layanan dimasukan dalam Himpunan data

P. Catatan Khusus : - Dalam kondisi apa pun, kepentingan siswa (konseli) harus diletakkan di atas segala kepentingan lainnya. Dan Peserta konferensi kasus menyadari akan tugas dan peran serta batas-batas kewenangan profesionalnya.

Curup, 26 april 2009

Perencana Layanan

( Toni Hartono, S.Pd )

SATUAN KEGIATAN PENDUKUNG

KUNJUNGAN RUMAH

A. Topik permasalahan : Sering terlambat dating kesekolah

B. Bidang Bimbingan : Bimbimgam pribadi

C. Jenis Layanan : Kunjungan rumah

D. Fungsi Layanan : Fungsi pemahaman, fungsi pengentasan,Advokasi.

E. Tujuan Laanan :

1. memahami masalah yang dialami siswa

2. pengentasan mesalah siswa sehingga dapat menjalani kegiatan belajar dengan baik

F. Sasaran Layanan : siswa Kelas XI.Ia SMA Negeri 2 Curup

G. Gambaran Ringkas Masalah :

H. Tempat Penyelenggaraan : diruang kelas XI.IA 2

I. Waktu,Tgl,Semester : 26 APRIL 2009 Semester 1

J . Penyelenggara Layanan : Konselor Sekolah

K. Konsultan : -

L. Pengolahan & Interprestasi Hasil :

1. Pengolah : toni hartoni

2. Penginterpretasian : Toni hartono

M. Penggunaan Hasil :

1. digunakan untuk ; siswa yang membutuhkan sesuai permasalahan

2. Waktu penggunaan ; Melihat keberhasilan penyelenggaraan konseling di SMA 2 curup

3. Yang menggunakan ; Konselor sekolah atau pihak lain yang mendapat izin

4. Waktu Penggunaan ; Relatif Pendek mengingat kesahihan data

5. Tempat Penggunaan ; Dilingkungan SMA N. 2 Curup

N. Rencana penilaian & tindak lanjut layanan : Penilaian dilakukan setelah diolah dengan computer. Setelah diperileh hasil dapat dilihat potret diri siswa yang dibagikan kepada masing-masing siswa melalui konselor sekolah yang memberikan bantuan.

O. Keterkaitan Layanan ini dengan kegiatan Pendukung :

AUM PTSDL, Sosiometri.

P. Catatan Khusus : -

Curup, 26 april 2009

Perencana Layanan

( Toni Hartono, S.Pd )

APLIKASI INTRUMENTASI

A. PENGERTIAN

Data adalah gambaran atau keterangan tentang ada atau keadaan tertentu. Layanan Himpunan Data adalah upaya Konselor untuk menghimpun, digolong-golongkan dan dikemas dalam betuk tertentu.

B. TUJUAN

1. Umum

Menyediakan data dalam kualitas yang baik dan lengkap untuk menunjang penyelenggaraan pelayanan konseling sesuai dengan kebutuhan sasaran layanan.

2Khusus

Didominasi oleh fungsi pemahaman terhadap individu yang datanya dihimpun. Ini akan mewujudkan fungsi pencegahan dan dapat pula fungsi pengentasan terhadap masalah individu. Lebih jauh, himpunan data ini dapat dijadikan bahan dalam melaksanakan fungsi pengembangan dan pemeliharaan dan dapatjuga digunakan dalam melindungi hak-hak individu yang sedang mengalami masalah HAM.

C. KOMPONEN

1. Jenis data

Data pribadi, kelompok dan data umum.

2. Bentuk himpunan data

a. Buku data pribadi

b. Himpunan lembaran dengan format khusus

c. Kumpulan data kelompok dan laporan kegiatan

d. Program computer

e. Kumpulan data umum

3. Penyelenggara himpunan data

Konselor sebagai penyelenggara Himpunan data memiliki fungsi:

a. Menghimpun data

b. Mengembangkan data

c. Menggunakan data

D. ASAS

Didominasi oleh asas kerahasiaan yang sebelumnya data diperoleh dari responden dengan sukarela. Demi pengembangan maka asas kedinamisan dan keterpaduan menjadi hal penting.

E. PENDEKATAN DAN TEKNIK

1. Aplikasi intrumentasi

2. Penyusunan dan penyimpanan data

3. Penggunaan perangkat komputer

4. Tenaga administrasi

F. OPERASIONALISASI

a. Perencanaan

Menetapkan jenis dan klasifikasi data serta sumber-sumbernya, menetapkan bentuk himpunan data, menetapkan dan manata fasilitas, menetapkan mekanisme pengisian, pemeliharaan dan penggunaan serta menyiapkan kelengkapan administrative.

b. Pelaksanaan

Memetik dan memasukkan ke dalam HD sesua dengan klasifikasi, memanfaatkan data, memelihara dan mengembangkan HD.

c. Evaluasi

Mengkaji evisiensi sistematika dan penggunaan fasilitas yang digunakan, memerikasa kelengkapan, keakuratan, keaktualan dan kemanfaatan HD,

d. Analisis hasil evaluasi

Melaksanakan analisis terhadap hasil evaluasi berkenaan dengan kelengkapan, keakuratan, keaktualan, kemanfaatan dan efisiensi penyelenggaraannya.

e. Tindak lanjut

Mengembangkan himpunan data mencakup:

1) Bentuk, klasifikasi dan sistematika data

2) Kelengkapan, keakuratan, ketepatan dan keaktualan data.

3) Kemanfaatan data

4) Penggunaan teknologi

5) Teknis penyelenggaraan

fPelaporan

Menyusun laporan HD, menyampaikan laporan dan mendokumentasi laporan.

Rabu, 16 Juni 2010












AHLI TANGAN KASUS

A. PENGERTIAN

Upaya bantuan agar klien mendapatkan layanan yang optimal dari ahli lain yang benar-benar handal.



B. TUJUAN

1. Umum

Klien mendapat layanan yang optimal atas masalah yang dialaminya.

2. Khusus

Terwujudnya keempat fungsi konseling tarutama dalam upaya pengentasan masalah klien. Layanan ini juga mewujudkan upaya pemahaman dan pencegahan serta pengembangan dan pemeliharaan.

C. KOMPONEN

1. Klien dan masalahnya

Konselor tidak berkewenangan dalam menangani masalah:

a. Penyakit

b. Kriminlitas

c. Psikotropika

d. Guna-guna

e. Keabnormalan akut

2. Konselor

Sebelum di-ATK-kan maka Konselor hendaknya memperhatikan keadaan kenormalan klien dan subtansi masalah klien.

3. Ahli lain

Dokter

Psikiater

Psikolog

Guru

Ahli bidang tertentu: agama, adat dll

D. Asas

Asas yang digunakan adalah asas Kesukarelaan untuk dipindah ke ahli lain, keterbukaan terhadap segala yang dirasakan kepada ahli lain dan kerahasiaan.

E. Pendekatan dan Teknik

1 Pertimbangan:

karena masalah yang ada bukan lagi wewenang Konselor

Hubungan antara ko dan ki sudah dekat

2. Kontak

Konselor melakukan kontak awal dengan ahli lain, melalui cara yang cepat dan tepat. Jika ditanggapi positif oleh ahli lain yang dihubungi, maka klien bertemu dengan ahli lain tersebut dengan membawa surat pengantar jika diperlukan.

3. Evaluasi

Evaluasi dilakukan setelah ki menghubungi pihak lainnya.

F. Operasionalisasi

a. Perencanaan

Menetapkan kasus yang akan di ATK, meyakinkan klien akan ATK, menghubung ahli lain yang menjadi arah ATK, menyiapkan materi ATK dan kelengkapan administratif.

b. Pelaksanaan

Mengkomunikasikan rencana ATK kepada pihak terkait dan mengalihtangankan klien kepada pihak terkait itu.

c. Evaluasi

Membahas hasil ATK melalui: Klien, laporan dari ahli lain dan analisis hasil ATK kemudian mengkaji hasil ATK terhadap pengentasan masalah klien.

d. Analisis hasil evaluasi

Melakukan analisis terhadap efektifitas ATK terhadap pengentsan masalah klien secara menyeluruh.

e. Tindak lanjut

Menyelenggarakan layanan lanjutan oleh konselor jika diperlukan atau klien memerlukan ATK ke ahli lain lagi.

f. Pelaporan

Menyusun laporan kegiatan ATK, menyampaikan laporan dan mendokumentasi laporan.